Sunday, December 15, 2013

MERANCANG DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

MERANCANG RPP DAN PEER TEACHING KURIKULUM 2013


Materi Merancang Pembelajaran yang disampaikan oleh guru inti Kabupaten Ogan Ilir, Ibu Maisaroh, S.Pd. terdiri dari RPP dan Penilaian Otentik. Pada kegiatan ini, peserta diminta untuk merancang RPP beserta penilaian yang sebelumnya mendapatkan materi penjelasan oleh ibu Mai.

Gbr. 5. Narasumber menyampaikan materi
Pada kegiatan ini, guru harus mampu membuat RPP berdasarkan silabus kurikulum 2013 dan membuat penilaian otentik. Peserta melakukan praktik untuk merancang RPP secara individu dan dibagi berdasarkan KD kelas VII SMP. Penyampaian materi ini dilakukan satu kali pertemuan yaitu pada hari Rabu, 9 Oktober 2013 di ruang serbaguna SMP Negeri 1 Indralaya.
Gbr. 6. Peserta membuat RPP dan Penilaian

Sedangkan Pelaksanaan Pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan yang terdiri dari Simulasi Pembelajaran dan Peer Teaching. Narasumbernya berasal dari guru inti Matematika Kabupaten Ogan Ilir yaitu Bapak Marion, S.Pd., dan Ibu Dina Renita, M.Pd. Pelaksanaan ini dilakukan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2013 dan hari Rabu, 16 Oktober 2013.


Gbr. 7. Narasumber menyampaikan materi

Pada kegiatan ini, dilakukan simulasi pembelajaran dan peer teaching di kelas VII.8 SMP Negeri 1 Indralaya materi Pola Bilangan dan Ibu Nyiayu Fraisa Fatiyah, S.Pd., dari SMPN 2 Indralaya Utara selaku guru model. Peserta MGMP Matematika SMP Gugus Indralaya lainnya menjadi observasi pelaksanaan pembelajarannya.



Gbr.8. Simulasi Pembelajaran



Gbr.9. Pengamatan pada peer teaching
 
Pada materi Kurikulum 2013, mulai dari PP yang mengatur sampai pada pelaksanaan pembelajarannya telah disampaikan pada anggota MGMP Matematika SMP Kabupaten Ogan Ilir Gugus Indralaya sehingga diharapkan anggota dapat memahami dan melaksanakan Kurikulum 2013 dengan sebaik mungkin. (Zb2013)
 

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © MGMP MATEMATIKA SMP OGAN ILIR Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger