Sunday, December 15, 2013

MATERI IMPLEMENTASI, KONSEP KURIKULUM 2013, DAN ANALISIS MATERI AJAR


KURIKULUM 2013

Sejak diberlakukan Kurikulum 2013 yang dimulai pada tanggal 15 Juli 2013 secara terbatas  yang akan berlaku nasional secara bertahap, guru harus dapat mengimplementasikan dan memahami kurikulum 2013 secara utuh untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya dan mutu pembelajaran. Guru mempunyai kewajiban untuk mendukung dan melaksanakan kurikulum 2013. Hal ini dapat dilihat pada Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah adalah peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu.

Oleh karena itu, materi dalam kegiatan MGMP Matematika SMP Kabupaten Ogan Ilir Gugus Indralaya tidak luput dari kurikulum 2013. Adapun materi dari Kurikulum 2013 diantaranya: Implementasi Kurikulum 2013, Konsep Kurikulum 2013, Analisis Materi Ajar, Merancang Pembelajaran, dan Pelaksanaan Pembelajaran.

Pada materi Implementasi Kurikulum meliputi perubahan mindset Kurikulum 2013 dan Konsep Kurikulum 2013 meliputi Rasional perubahan kurikulum, elemen perubahan kurikulum: SKL, KI, dan KD, serta Strategi Implementasi Kurikulum 2013. Materi ini disampaikan oleh widyaiswara LPMP Sumatera Selatan, Bapak Dadang Daniswara Solihin, S.Pd. yang diikuti oleh 30 peserta selaku anggota MGMP Matematika SMP Kabupaten Ogan Ilir Gugus Indralaya.


Gbr. 1. Narasumber Menyampaiakan Materi

Peserta yang terdiri dari anggota dan panitia MGMP Matematika SMP Kabupaten Ogan Ilir Gugus Indralaya mengikuti dan menyimak dengan baik apa yang disampaikan oleh narasumber. Hal ini terlihat pada gambar 2, peserta selama dua kali pertemuan yaitu pada hari Sabtu, tanggal 28 September 2013 dan Rabu, 2 Oktober 2013.



Gbr 2. Peserta Mengikuti Kegiatan MGMP
Matematika SMP Gugus Indralaya

Sedangkan materi Analisis Materi Ajar yang terdiri dari Pendekatan saint, Model Pembelajaran, dan Analisis Materi Ajar yang disampaikan pada hari Sabtu, 5 Oktober 2013 oleh Widyaiswara LPMP Sumatera Selatan, Bapak H. Firdaus, M.Pd., M.M.




Gbr. 3. Narasumber menyampaikan materi
Pada materi ini, peserta diminta untuk mempraktekkan pembuatan analisis materi ajar pada kurikulum 2013 yang dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok dibagi berdasarkan materi.
Setelah selesai setiap kelompok untuk memaparkan hasil yang telah didiskusikan dalam kelompok untuk didiskusikan dalam kelompok besar sehingga dapat dianalisis kebenarannya. 
 Gbr. 4. Peserta secara kelompok membuat Analisis Materi Ajar

(Zb2013)


0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © MGMP MATEMATIKA SMP OGAN ILIR Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger