Wednesday, February 16, 2011

ADMINISTRASI GURU

Kegiatan administrasi yang dilakukan guru dalam melaksanakan tugasnya di antaranya:
1. Administrasi Perencanaan Pembelajaran, yaitu administrasi yang dilakukan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran,meliputi:
  • menyusun Program Tahunan (PROTA)
  • menyusun Program Semester (PROSEM)
  • menyusun Silabus
  • menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2. Administrasi Pelaksanaan Pembelajaran, yaitu administrasi yang diperlukan dan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran, meliputi:
  • jadwal mengajar
  • mengisi daftar hadir peserta didik
  • menulis jurnal harian guru
  • lembar observasi
3. Administrasi Penilaian, yaitu administrasi yang dilakukan untuk melakukan penilaian, meliputi:
  • menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  • menyusun kisi-kisi instrumen penilaian (KISI-KISI)
  • menulis instrumen penilaian (Kartu Soal)
  • menentukan pedoman penskoran
  • menganalisis hasil belajar
  • melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
  • menganalisis butir soal
  • menyusun bank soal
4. Administrasi Pengembangan Diri, yaitu administrasi yang menyangkut kebutuhan pengembangan diri guru yang bersangkutan, di antaranya:
  • merencanakan dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  • menulis buku ajar
  • menulis karya ilmiah
  • mengikuti pendidikan dan pelatihan yang relevan
  • melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, dan sebagainya
Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat memperoleh blangko-blangko  yang diperlukan seperti di atas, silahkan download disini


0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © MGMP MATEMATIKA SMP OGAN ILIR Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger