Monday, October 12, 2009

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI MGMP

Roda aktivitas MGMP Matematika SMP Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (selanjutnya disingkat MGMP Mat.OI) pada t.p. 2009/2010 ini kembali berputar aktif setelah mulai dijalankan pada 5 Agustus 2009. Aktivitas MGMP Mat.OI diisi dengan berbagai aktivitas dan materi kegiatan dengan pola bottom-up sesuai dengan kebutuhan anggota. Seperti kegiatan pada Rabu, 12 Agustus 2009 yang bertempat di SMPN 2 Indralaya Selatan, OI, aktivitas MGMP Mat.OI diisi dengan pengembangan bahan ajar matematika.
Kegiatan pengembangan bahan ajar matematika di atas difasilitasi oleh Pirdaus, Widyaiswara LPMP Provinsi Sumatera Selatan. Dengan metode tanya jawab interaktif, learning by doing dan kerja kelompok, para peserta mengembangkan bahan ajar, dimulai dari kegiatan analisis pengembangan bahan ajar hingga penyusunan bahan ajar sesuai dengan kelas yang diampu peserta. Peserta dibagi dalam kelompok Kelas VII, Kelas VIII, dan Kelas IX.
Pertemuan MGMP Mat.OI pada hari itu tidak diikuti oleh seluruh anggotanya karena sebagian anggota ada yang termasuk Tim Pengembang Kurikulum Kab. OI dan sedang ada kegiatan di tingkat kabupaten, sebagian anggota lain juga berhalangan hadir karena kegiatan lain di sekolah masing-masing. Namun demikian, mereka dapat menghasilkan beberapa output (baca: hasil kerja kelompok) a.l. berupa handout materi ajar dan lembar kerja siswa (LKS).
"Kegiatan pengembangan bahan ajar matematika ini memang betul-betul diharapkan pada anggota MGMP Mat.OI. Hal ini disebabkan masih banyak guru mengalami kekurangan sumber belajar di sekolahnya," demikian menurut Dina Renita, S.Pd., Ketua MGMP Mat.OI. Diharapkan, kegiatan ini dapat memotivasi para anggota MGMP Mat.OI maupun guru matematika/lainnya untuk aktif mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang mereka ampu dan kembangkan di sekolah. Semoga (P's).



1 comments:

  1. Mana foto2 dsmp yg laen,pak.yg dtebing grinting foto retno dk kelihatn.

    ReplyDelete

 

Copyright © MGMP MATEMATIKA SMP OGAN ILIR Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger