Sunday, December 15, 2013

MATERI PENULISAN PUBLIKASI ILMIAH


Penulisan Publikasi Ilmiah

Penulisan Publikasi Ilmiah terdiri dari Penyusunan Proposal Penelitian, Pengumpulan dan Pengolahan Data, Penyusunan Laporan Penelitian, Penulisan Artikel Jurnal, dan Penulisan Karya Ilmiah Populer. Pada materi ini terdiri dari beberapa pertemuan dengan narasumber dari beberapa instansi.

Pada Penyusunan Proposal Penelitian yang meliputi: Langkah-langkah Penyusunan Proposal PTK dan Penyusunan Instrumen Penelitian dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Oktober 2013 dan Sabtu, 26 Oktober 2013 di SMP Negeri 1 Indralaya. Adapun narasumbernya adalah Ibu Dr. Nila Kesumawati, M.Si. dari FKIP Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang.
 Gbr.1. Narasumber menyampaikan
materi
Kegiatan ini, setiap anggota membuat rancangan proposal penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran, identifikasi masalah, tujuan, pemecahan masalah, manfaat, dan judul PTK. Rancangan ini dibuat dengan bimbingan narasumber sehingga peserta dapat mengatasi masalah yang dihadapi dalam penyusunan proposal. Kegiatan selanjutnya, peserta diminta untuk meneruskan bab kedua yang terdiri dari kajian teori, bagaimana cara mengutip tulisan orang lain, dan membuat daftar pustaka kutipan dari internet, buku, jurnal, koran dan lain-lain.
Gbr.2. Peserta menyimak penjelasan narasumber

Selain itu, peserta juga diberi tugas untuk membuat bab ketiga berupa metodologi penelitian dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan MGMP Matematika SMP Kabupaten Ogan Ilir Gugus Indralaya pada hari Rabu, 6 November 2013 dengan narasumber Bapak Dr. Somakim, M.Pd. dari FKIP Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya membahas kelanjutan penyusunan proposal. Namun materi yang lebih ditekankan adalah Pengumpulan dan Pengolahan Data, yang meliputi: Pengertian Pengumpulan Data, Cara Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Analisisi data, dan Interpretasi data. Kegiatan ini, peserta yang telah membuat lembar observasi, tes, atau angket dianalisis bersama-sama dan dilihat kemanfaatan untuk penelitian selanjutnya.

Beberapa peserta langsung mengadakan penelitian namun ada juga yang belum mengadakan penelitian dikarenakan kesulitan dalam mencari bahan dan pembuatan proposal sehingga fokus masing-masing peserta berbeda-beda. Semua peserta baik yang telah selesai, akan, atau bahkan belum mengadakan penelitian wajib mengikuti materi selanjutnya yaitu Penyusunan Laporan Penelitian, yang meliputi: Langkah-langkah penyusunan laporan  PTK dan Membuat laporan hasil PTK. Penyusunan laporan penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan yaitu hari Sabtu, 9 November 2013 dan hari Rabu, 13 November 2013. Kegiatan ini dilakukan di SMP Negeri 1 Indralaya dengan widyaiswara LPMP Sumatera Selatan yaitu Bapak H. Pirdaus, M.Pd., M.M.

Materi Penulisan Artikel Jurnal, yang meliputi: Pengertian Artikel IlmiahHasil Penelitian/Jurnal dan Langkah penulisan artikel ilmiah hasil penelitian / jurnal dilakukan pada hari Sabtu, 16 November 2013 yang disampaikan narasumber dari FKIP Universitas Sriwijaya yaitu Bapak Dr. Somakim, M.Pd. pada kegiatan ini, selain penyampaian materi langkah-langkah pembuatan artikel, peserta juga diminta untuk melatih kemampuan membuat artikel dari PTK yang telah dibuat baik hasil maupun hanya berupa proposal.
 
Penulisan Karya Ilmiah Populer, yang meliputi: Pengertian Artikel Imiah populer dan Langkah penulisan artikel ilmiah populer disampaikan oleh Ibu Dr. Nila Kesumawati, M.Si. dosen Universitas PGRI. Pada kesempatan ini, narasumber menyampaikan materi keperluan guru untuk menyusun angka kredit dimana tulisan yang dibuat oleh guru tidak hanya sebatas melakukan penelitian dan menulis namun dapat juga dari beberapa tulisan orang lain yang dikaji ulang sehingga menghasilkan tulisan kembali. (Zb2013)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © MGMP MATEMATIKA SMP OGAN ILIR Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger