Thursday, April 28, 2011

JADWAL MGMP BERBASIS LESSON STUDY


Ini jadwal berbeda dengan tahun-tahun lalu. Tahun ini diupayakan kegiatan MGMP seluruhnya berbasis Lesson Study. Artunya semua materi MGMP dibahas dalam kerangka Lesson Study, yaitu terdiri dari tahapan Plan, tahapan Do dan tahapan See. Pertemuan pertama sampai ketiga berlangsung di gugus masing-masing, sedangkan pertemauan keempat diadakan d secara paripurna di MGMP Kabupaten. Pertemuan pertama membahas rancangan pembelajaran yang terdiri dari menyusun RPP, menentukan fokus pembahasan (sesuai jadwal), menentukan instrumen, dan sebagainya. Kemudian pada pertemuan kedua dilakukan Open Class dan Refleksi. Selanjutnya pada pertemuan ketiga membahasan penyusunan karya tulis baik berupa laporan maupun makalah yang merupakan hasil dari pembahasan pertemuan peertama dan kedua. Pada akhirnya makalah atau laporan ini disajikan dalam pertemuan keempat di MGMP Kabupaten dalam bentuk seminar atau diskusi. Dari pertemuan pertama sampai keempat, tema pembahasan sama sesuai jadwal. 

Demikian seterusnya, pertemuan berikutnya kembali dilakukan di tingkat Gugus dengan tema berbeda namun tetap dalam kerangka Lesson Study. Tiga pertemuan di Gugus dan hasilnya dipaparkan pada pertemuan keempat di Kabupaten. 

Kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan Seminar Desiminasi di tingkat Kabupaten dengan mengundang seluruh Guru Matematika sekabupaten Ogan Ilir khususnya, seluruh guru yang berminat di Ogan Ilir pada umumnya. Termasuk mengundang pakar sebagai panelis atau pembahas guna merumuskan best practice kegiatan MGMP tahun ini. 

Klik gambar di samiping untuk melihat jadwal.  Kritik dan saran membangun DITUNGGU!!!

(al.2011)


0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © MGMP MATEMATIKA SMP OGAN ILIR Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger